Sunday, May 10, 2015

Fungsi Fixed Width Pada Text to Columns Excel

Salah satu opsi yang tersedia pada saat memecah teks menggunakan tools text to columns di excel adalah fixed width.

Cara memecah strings teks menggunakan tools ini adalah dengan membagi suatu strings berdasarkan garis lurus yang sejajar.

Pilihan fixed width ini dapat digunakan jika string teks yang akan dipecah mempunyai pola lebar yang sama.

Cara Menggunakan Text to Column Pada Excel


Untuk Dapat memecah strings teks menggunakan tools text to column, caranya sobat bisa blok pada kolom data yang akan dipecah. Kemudian dari menu bar klik pada data lalu pilih tools text to columns yang terletak pada kelompok data tools.

Sebagai contoh penggunaan tools text to columns dengan menggunakan opsi fixed width, kita akan memecah strings teks (sales number) yang terdapat pada kolom A contoh gambar fixed width 1 dibawah ini.

Pada gambar terdapat data yang terdiri dari 3 buah kolom yaitu sales number pada kolom A, kode barang pada kolom B, dan jumlah pada kolom C.

Kita akan memecah string teks pada kolom A (sales number) menjadi tiga bagian yang dipisah dengan menggunakan pilihan fixed width.

cara menggunakan text to columns di microsoft excel
Fixed Width 1

Langkah-langkah dalam menggunakan tools text to column dengan opsi fixed width :

  • Lakukan Blok pada data array yang akan dipecah (A2:A6).
  • Selanjutnya pilih Data pada menu bar kemudian text to columns pada data toolbar maka akan muncul form wizard convert text to columns (wizard 1 dari 3 wizard) . Pada wizard pertama ini sobat excel pilih pada fixed width (bagian bawah) lalu klik tombol next untuk wizard 2.
  • Pada wizard kedua ini adalah bagaimana cara data dipecah (pada bagian mana data akan dipecah). Sebagai contoh sobat bisa perhatikan pada gambar fixed width 2 dibawah ini.
    cara menggunakan fungsi text to columns di office excel
    Fixed Width 2
  • Pada bagian data preview ini klik kiri satu kali pada bagian yang akan dipecah maka akan muncul sebuah tanda panah ke atas pada bagian yang akan dipisahkan nantinya. Untuk menambah tanda pemisah sobat excel bisa klik kiri lagi pada bagian yang ingin dipisah.
  • Untuk menggeser tanda pada apabila bagian yang dipisahkan tidak sesuai dengan keinginan, maka klik kiri lalu tahan kemudian pindahkan ke tempat yang diinginkan.
  • Untuk membatalkan pemisahan klik kiri 2 kali pada tanda panah yang akan dibatalkan. Jika sudah klik tombol next untuk ke bagian wizard berikutnya.
  • Selanjutnya pada langkah ketiga (step 3) adalah membuat format kolom data pada sel ketika nanti dipisah. 
    cara menggunakan fungsi text to columns pada office excel
    Fixed Width 3

  • Disini ada beberapa pilihan yang bisa sobat excel gunakan antara lain.
  • General untuk format kolom general.
  • Text untuk format kolom teks.
  • Date untuk format kolom tanggal.
  • Do not import column (skip) membiarkan format kolom sebelumnya.
  • Pada desitination sobat excel pilih kolom pertama hasil penempatan dari data yang akan dipecah, pada contoh disini saya memilih sel E2.
  • Jika sudah selesai sobat excel tekan tombol finish.

Hasil Penggunaan Text To Column Pada Excel


Contoh hasil pemisahan strings teks (data) dengan menggunakan opsi fixed width di ms.excel bisa dilihat pada gambar fixed width 4. 

Terlihat pada gambar bagian-bagian sales number pada kolom A dipecah menjadi 3 kolom E,F, dan kolom G.

Hasil yang ditunjukkan pada masing-masing kolom tersebut sesuai dengan penempatan tanda panah untuk memisahkan data pada gambar fixed width 2 diatas tadi.

cara menggunakan text to columns di excel fixed width
Contoh Fixed Width 5

Kesimpulan


Dengan menggunakan tools text to column ini menjadikan pekerjaan mengolah data terutama bagi yang sering membuat manipulasi data menjadi lebih cepat.

1 comment: