Friday, April 17, 2015

Fungsi $ di Excel

Tanda atau simbol "$" merupakan sebuah simbol yang sangat sering digunakan dalam aplikasi ms.excel berkaitan dengan posisi sel pada saat dilakukan copy paste terhadap suatu formula.

Fungsi dari simbol $ ini bertujuan untuk mengunci posisi dari sel yang dituju agar tidak bergeser apabila dilakukan penyalinan terhadap lokasi yang ditunjuk.

Sebagai contoh adalah penggunaan rumus formula pada contoh gambar fungsi $ 1 dibawah ini :

$ di excel
Fungsi $ 1

Rumus formula pada sel C1 diatas adalah =A1+B1 yaitu menambahkan nilai pada sel A1 (1) dengan nilai pada sel A2 (1) sehingga menghasilkan nilai 2.

Jika rumus formula pada sel C1 tersebut disalin (copy) pada sel C2 maka rumus formula yang terbentuk adalah =A2+B2 yang akan menghasilkan nilai 4.

Kadangkala kita membutuhkan suatu posisi yang tetap (mengacu pada sel yang sama) apabila suatu rumus formula dilakukan copy paste.

Agar suatu sel / rentang sel yang dituju bisa tetap sesuai dengan yang diharapkan, berikut contoh-contoh fungsi $ yang bisa digunakan.

1. MENGUNCI POSISI BARIS DENGAN SIMBOL $


Contoh mengunci baris ini adalah dengan memberikan tanda $ hanya di depan baris seperti contoh rumus formula pada sel C1 awalnya adalah =A1+B1.

Kemudian akan diberikan tanda $ pada baris pertama kolom A sehingga rumus pada sel C2 menjadi A$1+B1.

cara menggunakan $ di excel
Fungsi $ 2
Ketika rumus pada sel C1 itu di copy kemudian di pastekan pada baris-baris dibawahnya pada kolom C, rumus yang terbentuk adalah
  • =A$1+B2 pada sel C2 dengan hasil 3 dari Sel A1 (1) ditambah sel B2 (2)
  • =A$1+B3 pada sel C3 dengan hasil 4 dari Sel A1 (1) ditambah sel B3 (3)
  • =A$1+B4 pada sel C4 dengan hasil 5 dari Sel A1 (1) ditambah sel B4 (4)
Dengan mengunci baris menggunakan tanda "$" hanyak akan mengunci posisi sel A1 pada contoh diatas apabila dilakukan copy rumus formulanya ke bawah (berdasarkan baris).

Jika rumus pada sel A$1+B1 pada sel C1 dilakukan copy paste ke sebelah kanan, maka hasil posisi pada kolom A akan bergeser ke kanan dengan hasil 3 dari rumus formula =B$1+C1.

2. MENGUNCI POSISI KOLOM DENGAN SIMBOL $


Contoh mengunci sel berdasarkan kolom ini hanya akan mengunci posisi kolom jika dilakukan copy paste berdasarkan kolom (kanan dan kiri).

Contoh penggunaan simbol $ untuk mengunci posisi berdasarkan kolom ini, sobat bisa lihat pada contoh gambar fungsi $ 3 dibawah ini.

manfaat $ di excel
Fungsi $ 3

Rumus formula pada contoh sel C1 adalah =$A1+B1, ketika dilakukan copy formula menggunakan baris (warna kuning) maka posisi pada kolom A ikut bergeser ke bawah.

Manfaat dari penggunaan simbol $ berdasarkan kolom ini bisa dilihat hasilnya pada sel D1, dimana rumus tersebut berasal dari sel C1 yang di copy.

Rumus formula yang terbentuk pada sel D1 adalah =$A1+C1, dimana simbol $ akan mengunci posisi tetap pada kolom pertama (A) sedangkan kolom kedua yang tidak dikunci akan bergeser ke kanan. 

3. MENGUNCI POSISI BARIS & KOLOM DENGAN SIMBOL $


Mengunci posisi sel / rentang sel berdasarkan baris dan kolom ini sangat banyak digunakan pada saat melakukan copy paste rumus formula pada aplikasi ms.excel.

Dengan cara ini, pada saat dilakukan copy rumus baik kebawah, keatas, kekanan maupun ke kiri akan tetap mengacu kepada sel / rentang sel yang dituju.

Contoh penggunaan tanda $ untuk posisi baris dan kolom, sobat bisa lihat pada contoh gambar fungsi $ 4 di bawah ini

fungsi $ di excel
Gambar Fungsi $ 4

Rumus formula pada sel E9 adalah E2/$E$6 yaitu membagi nilai pada sel E2 dengan sel E6, dengan menggunakan rumus formula ini, walaupun rumusnya di copy secara baris maupun kolom, maka sel pembagi akan tetap menuju ke sel E6.

Penggunaan tanda $ pada baris dan kolom ini akan sangat berguna pada saat menggunakan fuction jenis lookup di excel seperti fungsi vlookup dan fungsi hlookup.

KESIMPULAN


Fugnsi $ pada excel memberi peranan yang sangat penting pada pneggunaan rumus formula ketika terjadi penyalian rumus formula pada sel / rentang sel pada aplikasi ms.excel, baik di microsoft excel 2003, 2007, 2010 maupun 2013.

Contoh penggunaan dan manfaat tanda $ pada fungsi-fungsi di excel, sobat bisa lihat di 

7 comments:

  1. Bagaimana jika mengcopy semisal $A$1 menjadi $B$1

    ReplyDelete
    Replies
    1. tinggal A$1 trus kalo di salin ke kanan jadi B$1

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. terima kasih banyak atas ilmunya gan

    ReplyDelete
  4. terima kasih share ilmunya...sangat membantu menyelesaikan masalah dengan cepat tanpa buka buku exel dan membaca dd seksama

    ReplyDelete