Friday, May 22, 2015

Tips Cara Cepat Menggunakan Autosum

Kecepatan dan ketepatan bekerja menggunakan aplikasi ms.excel akan sangat terbantu apabila kita menguasai / hafal dengan penggunaan shortcut, salah satunya adalah shortcut autosum.

Fungsi sum merupakan salah satu fungsi yang paling sering digunakan dalam aplikasi ms excel, fungsi sum ini digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat dalam suatu array atau rentang sel tertentu.

Cara Menggunakan Shortcut Autosum


Cara menggunakan shortcut autosum pada ms.excel ini sangat mudah untuk dilakukan, hanya dengan menekan tombol Alt dan tombol = pada keyboard secara bersamaan kemudian di enter maka fungsi autosum sudah selesai dilakukan.

Sebagai contoh penggunaan shortcut autosum ini, sobat bisa perhatikan pada gambar autosum 1 dibawah ini.

Pada contoh tersebut terdapat tiga buah data ada kolom A, B dan kolom C. Untuk menjumlahkan nilai-nilai pada kolom A (A2:A7).

Dengan menggunakan (Alt+=) pada sel A8 maka nilai-nilai dalam array A2:A8 sudah dijumlahkan dengan fungsi sum.
.
shortcut sum dan autosum
Autosum 1

Kesalahan Yang mungkinTerjadi Saat Menggunakan Shortcut Autosum


Ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam menggunakan shortkey ini yaitu pemilihan array otomatis ketika tombol Alt+= ditekan secara bersamaan.

1. Shortcut Autosum Akan Putus Pada Sel Kosong


Penggunaan shortkey autosum ini biasanya hanya sampai pada sel kosong, apabila jumlah data yang di sum sedikit mungkin kita bisa melihat secara langsung kesalahan yang terjadi. 

Akan tetapi bila jumlah datanya banyak mungkin ini bisa terlewatkan seperti contoh gambar autosum 2 dibawah ini. 

cara cepat fungsi sum di excel
Autosum 2
Dari contoh diatas, mungkin kita bermaksud untuk melakukan sum dari range B2 sampai B7. Akan tetapi shortcut autosum hanya mengambil dari B3:B7. 

Hal ini mungkin memberikan nilai yang sesuai tetapi pengambilan rentang datanya terjadi kesalahan. contoh yang sama dengan cara menggunakan fungsi autosum ini bisa dilihat pada gambar autosum 3 dibawah ini 

cara cepat shortkey fungsi sum
Autosum 3
Hal ini akan menyebabkan data yang di sum hanya dari C5:C7, padahal mungkin dengan menggunakan shortcut autosum data yang ingin dijumlahkan adalah rentang sel C2:C7.

2. Shortcut Autosum Bisa Menjumlahkan Secara Horizontal


Dengan menggunakan cara cepat autosum ini range data yang diambil tidak selalu vertical atau data kolom dari atas ke bawah. 

Hal ini dikarenakan shortcut autosum lebih memprediksi kemungkin data yang akan kita jumlahkan seperti pada contoh gambar autosum 4 dibawah ini.

cara menggunakan shortkey autosum
Autosum 4

Dengan menggunakan cara yang sama, kita ingin menjumlahkan nilai-nilai pada kolom C (D2:D7), akan tetapi penggunaan shortcut autosum akan menjumlahkan nilai ke kiri yaitu rentang A8:C8.

No comments:

Post a Comment