Thursday, 2 April 2015

Fungsi If di Excel

Fungsi IF merupakan sebuah function pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengembalikan suatu nilai True jika sesuai dengan kondisi yang ditentukan dan mengembalikan nilai False jika tidak sesuai dengan kondisi yang ditentukan. 

Sintaks Fungsi IF

IF(logical_test, [value_if_true], [value_if_false]) dimana :
  • Logical_test adalah nilai yang akan diuji menggunakan fungsi IF.
  • value_if_true adalah nilai yang akan dikembalikan jika dalam pengujian bernilai benar (True).
  • value_if_False adalah nilai yang akan dikembalikan jika dalam pengujian bernilai salah (False).

Dasar Fungsi IF


Fungsi IF yang paling dasar adalah memberikan 2 buah kondisi dari suatu logika yang dicoba, misalnya memberi nilai benar jika sesuai dengan logika dan mengembalikan nilai salah jika tidak sesuai dengan logika.

Selain mempunyai 2 kondisi, fungsi if juga dapat mengembalikan suatu hasil lebih dari 2 kondisi yang dikembalikan yang disebut dengan fungsi if bercabang / if bertingkat.

Berikut adalah beberapa contoh dan ragam penggunaan fungsi if pada aplikasi ms.excel :

1 Fungsi If Format Text


Strings teks pada fungsi if ini adalah memerika suatu nilai dalam sebuah sel mempunyai format teks, karena pada pengecekan format text ini harus diisi dengan tanda petik 2 ("") agar tidak terjadi error.

Berikut ini adalah ilustrasi penggunaan fungsi if yang akan mengembalikan dua kondisi, dari sebuah data berupa strings teks yang berisi nama pada kolom A akan dilakukan pengecekan logika yaitu : 
  • Apabila nama di sel pada kolom A tersebut adalah Agus, maka fungsi if akan mengembalikan hasil dengan nilai strings yang diberikan adalah "Benar Agus"
  • Sedangkan bila nama di sel kolom A tersebut selain Agus, maka fungsi if akan mengembalikan hasil dengan strings "Bukan Agus"
Fungsi If
Fungsi If 1

Dari contoh tersebut berikut adalah contoh rumus formula yang digunakan pada sel B2 :

=IF(A2="Agus","Benar Agus","Bukan Agus")

Berikut penjabaran dari sintaks fungsi if pada contoh rumus formula diatas :
  • logical_test (A2="Agus") : ini akan melakukan tes apakah isi cell pada A2 = Agus ?.
  • value_if_true ("Benar Agus") : kembalikan nilai "Benar Agus" jika pada cell A2 berisi Agus.
  • value_if_False ("Bukan Agus") : kembalikan nilai "Bukan Agus" jika pada cell A2 berisi selain Agus.
Contoh diatas akan mengeksekusi value_if_true karena nilai pada sel A2 adalah Agus, sedangkan contoh rumus formula yang akan mengeksekusi value_if_False adalah contoh pada sel B3 untuk mengecek nilai dari sel A3.

2 Fungsi If Format Number


Apabila nilai yang akan diuji menggunakan fungsi if berupa number, maka tanda petik dua ("") tidak diperlukan pada depan dan belakang nilai.

Berikut ini adalah contoh data fungsi if dengan format number



A
B
1
Angka
Fungsi If
2
3
=IF(A1<5,"Kecil","Besar")
3
9
=IF(A2<5,"Kecil","Besar")
4
5
=IF(A3<5,"Kecil","Besar")

Contoh rumus formula pada sel B2 

=IF(A1<5,"Kecil","Besar")

Karena nilai yang diuji dengan logical_test berupa format number, maka pada angka 5 tidak diperlukan tanda titik dua (""), sedangkan karena hasil yang dikembalikan masih merupakan format string, maka digunakan tanda petik dua.

3 Fungsi If bercabang


Fungsi ini akan mengembalikan nilai dengan lebih dari dua kondisi, contoh penggunaan fungsi if ini sobat bisa lihat pada gambar fungsi if 2 dibawah ini.

rumus if di excel
Fungsi If 2
Dari gambar diatas, akan dicari score pada kolom F dari nilai pada kolom E berdasarkan pada ringkasan pada tabel sebelah kiri (warna biru).


Berikut penjelasan dari fungsi if bertingkat pada cell F2 :
  • Logical_test pertama (E2>90) : apakah isi cell pada E2 Lebih Besar Dari 90, jika bernilai benar (TRUE) maka kembalikan nilai “A” jika bernilai salah (FALSE) maka lakukan Logical_test kedua.
  • Logical_test kedua (E2>70) : apakah isi cell pada E2 Lebih Besar Dari 70, jika bernilai benar (TRUE) maka kembalikan nilai “B” jika bernilai salah (FALSE) maka lakukan Logical_test ketiga.
  • Logical_test ketiga (E2>64) : apakah isi cell pada E2 Lebih Besar Dari 64, jika bernilai benar (TRUE) maka kembalikan nilai “C” jika bernilai salah (FALSE) maka lakukan Logical_test keempat.
  • Logical_test keempat (E2>50) : apakah isi cell pada E2 Lebih Besar Dari 50, jika bernilai benar (TRUE) maka kembalikan nilai “D” jika bernilai salah (FALSE) maka kembalikan nilai E.

Kesimpulan


Fungsi if merupakan rumus dasar percabangan yang sangat banyak digunakan pada aplikasi ms.excel.

RFExcel
Rumus Fungsi Excel Updated at: 08:13

No comments:

Post a Comment