Thursday, May 28, 2015

Shortcut Menambah Serta Menghapus Baris Dan Kolom

Shortcut atau shortkey merupakan cara cepat dalam bekerja menggunakan keyboard tanpa mouse di komputer. Dengan menggunakan shortcut ini waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan suatu pekerjaan menggunakan aplikasi ms excel bisa menjadi lebih cepat dan singkat.

Untuk menggunakan shortcut ini saya anggap sobat excel sudah mengerti dasar cara menghapus dan menambah kolom di excel dan cara menghapus dan menambah baris di excel.

Berikut ini adalah beberapa shortcut yang bisa digunakan pada ms excel untuk menambah dan menghapus baris dan kolom serta menggeser sel pada insert shift cells right, insert shift cells down, delete shift cells left, delete shift cells up, entire row dan entire column.

Shortcut Untuk Menambah (Insert)

cara menggunakan shortcut di excel
Opsi Pada Insert Cell
Pada penambahan atau insert sel ada beberapa opsi yang dapat digunakan seperti pada contoh gambar diatas. shortcut atau cara cepat untuk menampilakn opsi tersebut tanpa menggunakan mouse adalah
  • Menggunakan tombol Shift dan F10 sebagai pengganti klik kanan, dengan menggunakan shortcut (Shift dan F10) kemudian diikuti dengan menekan tombol I maka cara ini bisa menggantikan klik kanan pada mouse sehingga dengan shortcut ini sobat excel sudah bisa memuculkan form opsi pada insert dengan pilihan default pada shift cells right, jika yang diinginkan adalah insert shift cells down maka shortcut yang digunakan adalah (Shift dan F10, I, D, Enter), (Shift dan F10, I, R, Enter) pada insert entire row dan (Shift dan F10, I,C, Enter) pada insert entire column.
  • Menekan tombol Alt dan I kemudia tombol E, dari sel yang akan ditambahkan sobat excel blok pada range yang diinginkan kemudian menggunakan shortcut (Alt dan I,E) untuk memunculkan form opsi dan diikuti dengan tombol-tombol D / R / C seperti cara pertama diikuti dengan enter.
  • Menggunakan tombol Ctrl dan +, cara menggunakan shortcut Ctrl dan + ini bergantung pada keyboard anda, jika tombol + berada diatas tombol = (sama dengan) maka penggunaan shortcut ini dilakukan dengan menekan tombol Ctrl dan Shift dan + secara bersamaan untuk memunculkan form opsi insert dan pilihan penambahannya diikuti seperti cara diatas.

Shortcut Untuk Menghapus (Delete)

cara menggunakan shortcut pada excel
Opsi Pada Delete Cell
Pada penghapusan atau delete sel di excel beberapa opsi yang dapat digunakan seperti pada contoh gambar diatas. shortcut atau cara cepat untuk menampilakn opsi tersebut tanpa menggunakan mouse adalah
  • Tombol Shift dan F10, sama seperti penambahan diatas, penghapusan atau delete juga bisa dilakukan dengan tombol dengan menggunakan shoftcut (Shift dan F10) kemudian diikuti dengan menekan tombol D maka sobat excel sudah bisa memuculkan form opsi pada delete dengan pilihan default pada shift cells left, jika yang diinginkan adalah insert shift cells up maka shortcut yang digunakan adalah (Shift dan F10, D, U, Enter), (Shift dan F10, D, R, Enter) pada delete entire row dan (Shift dan F10, D,C, Enter) pada delete entire column.
  • Tombol Alt dan E kemudia D, dama dengan cara diatas shortcut ini juga untuk memunculkan form opsi delete dengan tombol-tombol U / R / C seperti cara pertama diikuti dengan enter.
  • Menggunakan tombol ctrl dan -, cara menggunakan shortcut Ctrl dan - mirip dengan penggunaan Ctrl +, jika pada keyboard sobat excel tombol - ada di bagian bawah sebelah kanan angka 0 maka penggunaan tombol (Ctrl dan - ini tidak perlu menggunakan tombol shift) diikuti dengan opsi U / R / C.
itulah cara menggunakan shortcut pada menambah dan menghapus baris serta kolom di excel untuk menambah dan menghapus sel dengan menggeser sel sobat excel bisa baca di fungsi shift cell pada insert cell dan fungsi shift cell pada delete cell.

No comments:

Post a Comment