Monday, May 4, 2015

Kesalahan Fungsi Vlookup Pada Excel

Fungsi vlookup merupakan suatu fungsi di excel yang digunakan untuk mengambil atau membandingkan data pada suatu tabel referensi berdasarkan nilai yang diinginkan dalam bentuk tabel vertical (header data ada pada bagian atas)

Dalam mengambil nilai menggunakan fungsi vlookup, terkadang fungsi ini mengembalikan nilai #N/A. Nilai ini menginformasikan bahwa nilai yang dicari tidak terdapat dalam tabel array yang dicari.

Baca juga :  Fungsi vlookup pada excel.

Berikut kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika menghadapi situasi ini :


1. Lupa memberi tanda $ pada tabel


Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pada saat menggunakan fungsi vlookup adalah lupa memberi tanda $ pada tabel informasi pembanding baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Pada gambar kesalahan vlookup 1 dibawah ini adalah contoh melakukan vlookup data pada kolom C (C7:C10) dengan preview rumus formula ditampilkan pada kolom D.

Pembuatan rumus vlookup ini pertama dilakukan pada sel C7 dengan rumus formula =VLOOKUP(B7,A2:B4,2,0). dari rumus pada sel C7 dilakukan copy rumus pada sel sel C8, C9, dan C10 sehingga menghasilkan nilai #N/A.

Hal ini dapat terjadi ketika rumus pada sel C7 disalin pada sel C8 (tanpa ditambahkan $ pada tabel referensi) maka semua referensi sel akan bergeser 1 baris kebawahnya.

Sebagai contoh rumus pada sel C8 adalah =VLOOKUP(B8,A3:B5,2,0) sehingga item 1 tidak ditemukan pada rentang sel A3:B5 yang menyebabkan fungsi vlookup mengembalikan nilai #N/A.

cara mengatasi kesalahan vlookup di excel
Kesalahan Vlookup 1

Solusi untuk permasalan ini adalah dengan mengunci tabel referensi menggunakan tanda $ pada saat dilakukan copy rumus formula, sehingga sel pada tabel referensi tidak mengalami pergeseran.

Contoh solusi untuk melakukan ini sobat bisa lihat pada gambar kesalahan vlookup 2, rumus pada sel C7 sebelum ditambahkan tanda $ adalah :

VLOOKUP(B7,A2:B4,2,0)

Dengan menambahkan tanda $ pada rentang sel tabel referensi, maka rumus vlookup pada sel C7 sebelum dilakukan copy paste data menjadi :

=VLOOKUP(B7,$A$2:$B$4,2,0)

kesalahan vlookup di excel
Kesalahan Vlookup 2


Dengan menambahkan tanda $ pada tabel referensi menjadi $A$2:$B$4, maka ketika dilakukan copy paste rumus tabel sel referensi tidak akan berubah.

Baca juga :  Fungsi $ pada excel.

2. Terdapat spasi pada lookup_value


Kesalahan berikutnya yang mungkin terjadi pada saat menggunakan fungsi vlookup adalah salah satu atau lebih lookup_value yang akan dibandingkan terdapat spasi lebih dari pada jarak antar kata maupun dibelakang string teks.

Perbedaan jumlah spasi ini membuat data yang dibandingkan dengan data pembanding menjadi tidak sama persis (tidak identik). Dalam menggunakan fungsi vlookup dibutuhkan strings teks yang dicari harus sama persis dengan strings teks pencari.

Contoh kesalahan jenis ini bisa diperhatikan pada gambar kesalahan vlookup 3 dibawah ini, dengan menggunakan data yang sama seperti pada contoh kesalahan tanpa $.

Contoh Preview formula pada kolom C dapat dilihat pada kolom D, dari contoh ini terdapat satu baris (sel C8) terjadi kesalahan pada saat melakukan vlookup.

Jika dilihat pada preview formula yang digunakan seharusnya pada sel C8 menghasilkan data yang sama dengan sel C9 karena sama-sama mencari item 1 pada tabel yang sama.

error pada fungsi vlookup
Kesalahan Vlookup 3
Untuk membantu mencari kesalahan ini, sobat bisa menggunakan fungsi len pada excel,  Dengan menggunakan  fungsi len pada kolom 6 didapatkan hasil bahwa jumlah karakter pada sel B8 dengan sel B9 terjadi perbedaan.

Perbedaan jumlah karakter yang dihasilkan pada sel B8 dengan sel B9 ini kemungkinan terjadi karena pada sel B8 terdapat kelebihan spasi.


3. Terdapat spasi pada table_array 


Kesalahan berikutnya adalah terdapat spasi pada tabel informasi, kesalahan seperti ini mempunyai kesamaan denganpada kesalahan nomor 2 tadi.

Contoh yang ditampilkan pada gambar kesalahan vlookup 4 dibawah ini.

kesalahan pada fungsi vlookup
Kesalahan Vlookup 4

Solusi untuk kesalahan terdapat spasi pada tabel array sama dengan kesalahan pada saat melakukan vlookup terdapat spasi pada lookup_value.

2 comments: